Profil

VISI

Menjadi lembaga penjaminan mutu yang mampu mewujudkan Politeknik Negeri Lampung sebagai politeknik yang bermutu, inovatif, dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terapan

MISI

  1. Mendorong terbentuknya lingkungan POLINELA yang memiliki budaya mengutamakan mutu.
  2. Menyusun, mengimplementasikan, dan melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap sistem penjaminan mutu internal.
  3. Menyusun, mengimplementasikan, dan melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap sistem penjaminan mutu akademik berbasis “outcomes” yang merupakan basis dalam proses evaluasi oleh badan akreditasi eksternal
  4. Membimbing dan memfasilitasi Jurusan dan Program Studi dalam mempersiapkan, melaksanakan proses dan meraih pengakuan dari lembaga akreditasi nasional dan internasional.
  5. Mendorong program studi dan unit-unit pendukung di POLINELA untuk selalu melakukan inovasi dan meningkatkan kreatifitas dalam usahanya meningkatkan mutu secara berkelanjutan.

TUGAS POKOK:

  1. Mengembangkan perangkat penerapan Sistem Penjaminan Mutu melalui penyiapan:
    1. Kebijakan Mutu di tingkat Politeknik
    2. Manual Mutu
    3. Standar Mutu
    4. Prosedur
    5. Perangkat Audit Mutu
  2. Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel.
  3. Mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu POLINELA.
  4. Menyusun dan memberikan rekomendasi kepada Pimpinan Politeknik Negeri Lampung tentang penjaminan dan peningkatan mutu dalam aspek:
  5. Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), termasuk layanan kepakaran.
  6. Manajemen keuangan, sumber daya manusia/kepegawaian, dan administrasi.
  7. Kemahasiswaan dan Alumni.
  8. Memfasilitasi dan mendampingi Program Studi dalam mempersiapkan dokumen dan visitasi untuk pengajuan status Akreditasi.
  9. Melakukan pembinaan sivitas akademik POLINELA menyangkut kesiapan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di Unit Kerja masing-masing.
  10. Melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram.
  11. Memfasilitasi dan mendampingi persiapan proses sertifikasi ISO.

FUNGSI:

  1. Pengkoordinasian dalam pengembangan sistem manajemen mutu dan standar mutu (penjaminan mutu) penyelenggaraan program dan kegiatan institusi baik dalam bidang akademik (pendidikan, penelitian dan pemberdayaan pada masyarakat) maupun non akademik (administrasi dan manajemen).
  2. Perencanaan, pengorganisasian dalam pemantauan dan evaluasi sistem penjaminan mutu.
  3. Mendorong persiapan proses akreditasi dan sertifikasi.
  4. Mendokumentasikan hasil pelaksanaan penjaminan mutu penyelenggaraan program dan kegiatan unit di POLINELA.

PROGRAM :

  1. Internalisasi pemahaman sistem penjaminan mutu internal bagi setiap personal di setiap unit kerja di Politeknik.
  2. Peningkatan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal di setiap unit kerja di Politeknik, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.
  3. Penyesuaian standar mutu dan manual standar mutu yang akan digunakan oleh semua unit kerja sejalan dengan pembaharuan program strategis di tingkat Politeknik, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.
  4. Monitoring dan evaluasi implementasi standar mutu pada tingkat Politeknik, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.
  5. Audit implementasi standar mutu pada setiap unit kerja di lingkungan Politeknik, baik  Lembaga, Jurusan, maupun unit kerja di bawahnya, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.
  6. Pengembangan standar mutu pada setiap unit kerja secara berkelanjutan, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, maupun tata kelola dan mekanisme kerja organisasi.

MOTTO : Maju Bersama Mutu