Benahi Mutu Dan Kompetensi Auditor, POLINELA Gelar Pelatihan Audit ISO 9001:2015

Bandar Lampung – Menjawab kepercayaan masyarakat akan mutu para lulusannya, Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar “Inhouse Training ISO 9001: 2015 dan Pelatihan Audit Mutu Internal. Acara tersebut digelar Rabu-Kamis (2-3/10) di ruang sidang utama.

ISO 9001 adalah sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasanya.  ISO 9001 berkaitan erat dengan dasar-dasar dari sistem manajemen mutu, badan sertifikasi adalah pihak ketiga yang memberikan konfirmasi secara independen yang menyatakan bahwa organisasi sudah memenuhi persyaratan ISO 9001.

ISO 9001: 2015 adalah standard  dokumen (standard persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh organisasi dan harus dijaga implementasinya. ISO 9001: 2015 adalah standar terbaru dari Sistem Manajemen Mutu, dan “2015” adalah  tahun revisi terbaru dari sistem Manajemen Mutu tersebut.

Pelatihan ISO 9001: 2015 ini menjelaskan secara rinci tentang pemahaman organisasi, perencanaan terkait manajemen resiko, penunjang dan operasional organisasi, evaluasi unjuk kerja dan peningkatan berkelanjutan. Di hari berikutnya menjelaskan tentang tujuan, manfaat dan persyaratan auditor dan pemahaman karakter auditor dan auditee.

“Dengan demikian, usaha ini juga menjawab kepercayaan masyarakat terhadap mutu lulusan Polinela. Selain itu, juga membentuk Polinela menuju pola pengetahuan sikap, perilaku, dan budaya mutu, sesuai standart Kemenristekdikti,” kata Nurhayati Sekretaris Audit Mutu Internal Polinela.

Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Polinela Nurbani mengatakan, Inhouse Training ISO 9001:2015 itu adalah program pelatihan yang menjadi agenda utama Penjaminan Mutu untuk meningkatkan kompetensi dan mutu auditor yang dimiliki oleh Politeknik Negeri Lampung. Ada pun narasumber dan konsultan yang dihadirkan adalah Basrul M.Sc dan tim, pakar dari Cakra Wijaya Kirana.

Workshop diikuti 40 peserta, terdiri dari Dosen, Penjaminan Mutu, dan Perwakilan Direksi Polinela. Pelatihan tentang auditor mutu internal ISO 9001:2015 diselenggarakan selama dua hari.

Menurut Sudiyo salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bagus untuk meningkatkan mutu dan kompetensi para auditor. Semangat dari pelatihan diharapkan mampu mensinergikan pemahaman baik dari pimpinan, auditor maupun auditee bahwa kegiatan audit internal tidak untuk mencari-cari kesalahan namun untuk perbaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *